TIPS DAYA INGAT



Banyak orang yang mengeluh bahwa mereka mulai mudah lupa akan hal-hal kecil atau mengalami penurunan daya ingat. Sebenarnya, otak kita tidak pernah kehilangan daya ingat kita. Otak dapat merekan segala sesuatu seperti halnya komputer. Kehilangan daya ingat sebenarnya bisa terjadi karena kita tidak mempraktikkan untuk mengingat informasi sehingga memori yang kita miliki bisa hilang. Berikut ini merupakan tips untuk menjaga daya ingat kita tetap baik: 

   
1.    Konsumsi kacang kedelai. Kacang mengandung isoflavones. Di dalam otak isiflavones berfungsi sebagai reseptor estrogen, terutama dalam hipokampus area penting untuk memori.
2.    Konsumsi zat besi. Penurunan konsumsi zat besi dapat berdampak pada perkambangan IQ dan fungsi kognitif.
3.    Konsumsi kopi. Kopi dapat meningkatkan penampilan mental dan memori kita.
4.    Konsumsi permen karet. Mengunyah permen karet dapat meningkatkan aktivitas dalam hipokampus dan meningkatkan denyut jantung, sehingga memperbaiki oksigen yang dikirim dan meningkatkan kekuatan kognitif.
5.    Konsumsi vitamn B. Vitamin B berfungsi mengirim oksigen ke otak dan memberikan perlindunagn terhadap kerusakan bebas. Vitamin B dapat mempertajam dan meningkatkan daya ingat.
6.    Konsumsi minyak ikan. Minyak ikan banyak mengandung asam lemak omega 3,  yang merupakan komponen penting dari membran sel otak dan dapat memperbaiki kekuatan daya ingat.
7.    Lakukan latihan mental. Penelitian menunjukkan bahwa rangsangan mental dapat menjaga otak tetap sehat dan meningkatkan kesehatan daya ingat.
8.    Lakukan latihan fisik. Latihan fisik setengah jam sebanyak 3 kali dalam seminggu cukup berdampak pada peningkatan kekuatan otak.
Nah, itulah  beberapa tips yang dapat mempertahankan daya ingat kita. Semoga tips-tips ini bisa bermanfaat badi Anda yang membacanya.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar