SEHAT DENGAN SHOLAT DHUHA



RASULULLAH Saw. bersabda, “Setiap tulang dan persendian badanmu ada sedekahnya, setiap tasbih adalah sedekah, setiap tahmid adalah sedekah, setiap tahlil adalah sedekat, setiap takbir adalah sedekah, setiap amar ma’ruf adalah sedekah, setiap nahi mungkar adalah sedekah,. Maka yang dapat mencukupi hal itu hanyalah dua raka’at yang dilakukannya dari sholat dhuha,” (HR. Ahmad,Muslim, dan Abu Dawud).
Meraih sehat tidak hanya dengan olahraga, tapi bisa diraih dengan beribadah, salah satunya adalah dengan beribadah sholat dhuha. Rasulullah Saw bersabda “Sholat dhuha itu sholat yang kembali kepada Allah, setelah orang-orang mulai lupa dan sibuk bekerja, yaitu pada waktu anak-anak unta bangun karena panas tempat berbaringnya.” (Hr. Muslim).

Berdasarkan hadist tersebut waktu utama Sholat Dhuha adalah diakhirkan yaitu ketika matahari telah mulai menyengat, pasir mulai panad sehingga panasnya dirasakan oleh kaki anak-anak unta. Jika menurut kondisi di Indonesia antara pukul 10.00-11.00, atau lebih dari itu tapi hati-hati terhadap waktu haram yang muncul ketika pukul 11.30 sesuai waktu dzuhurnya. Pada waktu-waktu tersebut tubuh memerlukan energi dan harus bersiap meghadapi stress yang menimpa.
Oleh karena itu pada waktu-waktu tersebut kita membutuhkan peregangan untuk kesiapan kita untuk menyongsong hari penuh tantangan. Caranya adalah dengan melaksanakan sholat dhuha. Jika tidak memungkinkan untuk dikerjakan pada waktu-waktu utama, sholat dhuha bisa dilakukan di awal sebelum melakukan aktivitas harian.
Apa hubungannya peregangan dengan sholat dhuha?
Rasulullah Saw menyebut peregangan dengan ungkapan santun yaitu “hak dari setiap persendian”. Seperti yang diriwayatkan Buraidah r.a bahwa rasulullah Saw bersabda “dalam tubuh manusia terdapat 360 persendian dan ia wajib besedekat untuk setiap persendiannya.” Para sahabat bertanya, “siapa yang sanggup, wahai Rasulullah?” Beliau menjawab, “ludah dalam masjid yang dipendamnya atau sesuatu yang disingkirkannya dari jalan. Jika ia tidak mampu, maka dua raka’at dhuha sudah mencukupinya.” (HR. Ahmad dan Abu Dawud).
Dr. Ibrahim Kazim, seorang dokter, peneliti, serta direktur dari Trinidad Islamic Academy menyatakan, “Repeated and regular movements of the body during prayers improve muscle tone and power, tendon strenght joint flexibility and the cardio-vascular reseve”. Gerakan teraturdari sholat menggunakan otot beserta tendonnya, sendi beserta efek luar biasa terhadap sistem kardiovaskular.
Itulah peregangan dan persiapan untuk menghadapi tantangan, tapi bedanya dengan olahraga biasa adalah: pahalanya yang luar biasa! Abu Darda’ r.a meriwayatkan bahwa Rasulullah Saw bersabda, “sesungguhnya Allah ‘azza wa jalla berfirman : “wahai anak adam, sholatlah untuk-Ku empat raka’at dari awal hari, maka aku akan mencukupi kebutuhanmu (ganjaran) pada sore harinya” (shahih al-jami:4339).
Selain senagai peregangan untuk menyongsong hari yang penuh tantangan, Sholat Dhuha mampu menghilangkan resiko stress yang timbul karena kesibukan yang kita lalui. Dengan melaksanakan sholat dhuha kita rehat sejenak dari segala aktivitas sehinggan kita bisa merasa rileks dan stress pun terhindarkan. Dr. Ibrahin Kazim menyatakan bahwa secara bersamaan, ketegangan dipikiran akan berkurang disebabkan komponen spiritual saat sholat, dengan adanya sekresi enkefalin, endorphin, dinorfin, dan semacamnya “Simultaneously, tention is relieved in the main due to the spiritual component, assisted by the secretion of enklephalins, endorphins, dynophins, and others”.
Enkefalin dan endorphin merupakan zat sejenis morfin, termasuk opiat. Efek keduanya tidak berbeda dengan opiat lainnya. Zat semacam ini meredakan ketegangan. Bedanya enkefalin dan endorphin merupakan zat alami yang diproduksi oleh tubuh, sehinggan lebih bermanfaat dan terkontrol. Jika morfin non-alami bisa memberi rasa tenang dan senang namun kemudian ketagihan dan memberikan efek negatif bagi tubuh. Zat ini memberi rasa tenang, rileks, bahagia, lega secara alami. Hasilnya, seseorang akan tampih jauh lebih pede, optimis, hangat dan menyenangkan.
Marilah kita amalkan sholat dhuha sebagai bentuk rasa syukur kita kepada Allah Swt dan rasakan manfaatnya yang luar biasa bagi kesehatan.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar