10 TIPS TERJITU POLA HIDUP SEHAT



Berikut 10 tips terjitu untuk pola hidup yang lebih sehat:
1.    Banyak Bergerak, Jangan Malas
Narik turun tangga adalah pilihan sehat dibandingkan menggunakan lift atau eskalator. Atau, daripada menyuruh orang lain, potonglah rumpuk di halaman. Menggerakkan anggota badan tidak harus pergi ke pusat kebugaran.

2.    Kurangi Lemak
Hindari makan-makanan yang berlemak tinggi seperti gorengan, burger dan sejenisnya (seperti daging babi, salami, iga). Bila ingin mengkonsumsi keju, susu dan krim, pilihlah yang lemaknya rendah. Kacang, roti lapis daging, mayonis, mentega, dan saus hendaknya dimakan dalam jumlah terbatas.


3.    Berhenti Merokok
Dalam 1 batang rokok terdapat lebih daro 4000 zat yang membahayakan tubuh. Selain itu, merokok juga dapat membuat gigi kuning, tubuh berbau, dan penampilan wajah Anda kusam.

4.    Kurangi Stress
Salah satu yang direkomendasikan oleh para ahli untuk mengurangi stress adalah berpikir positif. Cobalah tips ini: habiskan 30 menit sehari untuk melakukan sesuatu yang Anda sukai. Bisa berbicara dengan sahabat, mendengarkan musik, menonton film atau membaca buku. Atau pergi ke salon untuk luluran, facial atau creambath.

5.    Lindungi Diri dari Polusi
Meskipun sulit dilakukan di Jakarta atau kota-kota besar lainnya yang pada umumnya tingkat polusi sangat tinggi, cobalah untuk menghindari ruangan yang penuh asap rokok, jalanan macet dan berolah raga di dekat jalan yang ramai. Dariopada jalan-jalan ke mall, lebih baik berkebun di halaman depan rumah.

6.    Gunakan Selalu Sabuk Pengaman
Statistik menunjukkan sabuk pengaman menambah hidup tambah lama dan mencegah luka parah saat terjadi kecelakaan. Ayo kencangkan sabuk pengaman Anda.

7.    Bersihkan Gigi dengan Dental Floss
Penelitian ini baru-baru menemukan hubungan yang erat antara hidup lama dan dental floss, meski belum diketahui penyebabnya. Barabgkali hal tersebut disebabkan oleh orang yang membersihkan gigi dengan dental floss cenderung lebih sadar akan arti kesehatan dibanding mereka yang tidak.

8.    Hindari Minuman Beralkohol Berlebihan
Penelitian membuktikan bahwa segelas anggur sehari (2 gelas untuk pria) bisa mencegah serangan jantung. Lebih dariitu bisa menyebabkan penyakit lecer, ginjal dan kanker.

9.    Jaga Mental Positif
Biasakan tersenyum, tapi jangan kebanyakan. Ada hun=bungan positif kesehatan dan penampilan yang selalu ceria.

10. Tentukan Nasib Anda Sendiri
Hubungan antara faktor keturunan dan kesehatan sangat erat. Bukan karena halnya salah satu dari orang tua Anda atau bahkan keduanya meninggal diusia muda karena sakit diabetes misalnya. Anda akan juga bernasib sama. Gaya hidup Anda lebih banyak menentukan derajat kesehatan And

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar