MENGAPA MESTI SHOLAT ?


Banyak orang yang sholat, tetapi mereka hanya mendapatkan kelelahan saja dan sia-sia. Tak ada sesuatu yang bisa diambil manfaat dalam sholat. Gerakannya cepat tanpa tumakninah (jeda) yang sesuai anjuran. Bacaannya tergesah-gesah ditambh pikirannya kemana-mana. maka bisa dipastikan sholat semacam ini adalah sholat yang sia-sia karenaa todak memenuhi standart aturan.
Logikanya, sholat seharusnya menjadi pertemuan sakral antara manusia senagai hamba dan sang penciptanya. Namun jika ada orang yang melakukan sholat dengan tenang, sabar dan fokus sehingga dia merasa sedang berdua dengan Tuhannya. Maka orang ini masuk dalam kategori orang yang sdholat dalam keadaan khusyuk.

Dalam sejarah islam dicatat. Bahwa Khalfah Ali tidak merasakan sakit saat sebuah panah menancap di tubuhnya dalam keadaan sholat. Lantas apa sebenarnya sholat khusyuk itu..???
Khusyuk. Islam sangat menganjurkan seorang muslim melaksanakan sholat dan sabar dalam menjalankannya. Sabar menjadi seseorang yang sholat menjadi tenang. Memang, tidak banyak yang bisa melakukannya. Aktivitas yang menggunung, menjadikan seseorang luput dari sholat khusyuk. Padahal Nabi Muhammad sendiri pernah sholat dengan khusyuknya sambil menggendong cucunya. Jika bicara definisi. Alquran sendiri sudah menjelaskan apa arti khusyuk. Dalam surat Al-Bqarah ayat 46 dikatakan : “Dan sesungguhnya yang demikian itu sungguh berat, kecuali bagi orang-orang yang khusu’, (yaitu) orang-orang yang meyakini, bahwa mereka akan menemui Robb-Nya dan bahwa mereka akan kembali kepada-Nya”. Intinya adalah kriteria orang yang khusyuk meliputi 2 hal : yakin dia akan bertemu dengan Tuhannya da yakin akan kembali kepada-Nya
Hikmah. Melakukan sholat khusyuk itu tidak mudah, namun juga tidak sulit jika mau berusaha. Jika ini sudah diraih, maka kebiasaan sholat khusyuk itu sendiri akan memberikan berbagai hikmah yang sadar tidak sadar akan diperoleh oleh si pelaku sholat. Adapun sebagian hikmah sholat khusyuk sebagai berikut,
Menghargai waktu,
Bagi orang yang mampu melaksanakan secara khusyuk, biasanya dia akan sangat meghargai waktu. Ia tidak rela jika waktu diberikan sia-sia tanpa manfaat. Jika bisa dilakukan banyak orang, tentunya hal ini sangat bermanfaat bagi kehidupan sosial.
Bersih Lahir & Batin,
Kebersihan sangat dianjurkan ketika hendak sholat. Semantara kejernihan hati juga diperlukan saat kita hendak sholat.
Maka hikmah yang didapat adalah, orang-orang yang sehat secara jasmani, dan hatinya dipenuhi nilai-nilai kebaikan. Tak ada lagi sampah berserakan, sperti tindak korupsi dan lainnya.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar