AIR CUCIAN BERAS BERJUTA MANFAAT

Kebanyakan orang berfikir bahwa air cucian beras itu limbah yang harus dibuang. Padahal air cucian beras masih mengandung berjuta manfaat..!!!
Berdasarkan penelitian, air cucian beras ternyata mengandung glukosa, karbohidtar dan vitamin B1/Thiamin yang sangat penting bagi tubuh. Di dalam karbohidrat terdapat glukosa yang berfungsi untuk menghasilkan energi dan vitamin B yang berfungsi untuk kesehatan syaraf, metabolismesel, serta sel darah merah. Dan yang wajib kalian ketahui bahwa ketika kita mncuci beras jangan sampai terlalu bersih, hanya cukup 3x saja untuk membilasnya. Karena serpti yang sudah kalian ketahui jika kita mencuci terlalu bersih maka zat-zat penting yang terkandung dalam beras juga ikt terbuang dan nasi yang kita konsumsi tidak mengandung karbohidrat lagi.

Tidak hanya itu, air cucian beras juga masih bernilai ekonomis dan berpotensi mendatangkan keuntungan. Misalnya air cucian beras yang digunakan untuk bahan dasar pembuatan nata. Nata merupakan selulosa yang dibentuk oleh bakteri Acetobacterxylinum. Kandungan gula dan karbohidrat yang terdapat pada air cucian beras dapat mempercepat pertumbuhan bakteri Acetobacterxylinum. Serat yang ada di dalam nata sangat dibutuhkan dalam proses fisiologi bahkan dapat membantu penderita Diabetesmilitus atau lebih dikenal dengan sebutan kencing manis dan memperlancar penyerapan makanan dalam tubuh, sehingga sangat cocok untuk dikonsumsi bagi seseorang yang sedang diet. Selain itu air cucian beras juga bisa dijadikan masker wajah, caranya yaitu dengan membiarkan air cucian ditempat terbuka sehingga terbantuk endapan. Kemudian oleskan ke wajah ketika akan tidur pada waktu malam haridan masih banyak lagi manfaat dari air cucian beras yang lainnya.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar