PENYEBAB TERJADINYA PERANG DINGIN



1.    Perbedaan dan Pertentangan Ideologi
Amerika Serikat adalah negara yang berideologi liberal-kapitalis, sedangkan Uni Soviet adalah negara yang berideologi sosiali-komunis. Sejak awal kelahirannya, paham sosialis-komunis memang tidak sejalan dengan paham liberal-kapitalis. Bahkan, kelahiran sosialis-komunis memang dipicu adanya liberal-kapitalis yang pada waktu itu bertindak sewenang-wenang. Akibat perbedaan ideologi, setelah musuh bersama (Jerman) dapat mereka lenyapkan dalam Perang Dunia II, pertentangan ideologi kembali terjadi. Akibatnya, kedua kekuatan adidanya tersebut berusaha saling mengalahkan. Salah satu caranya adalah memengaruhi negara-negara lain untuk bergabung dalam kelompoknya. Oleh karena itu, dunia ini akhirnya seolah-olah terbagi menjadi Blok Barat yang berpaham liberal-kapitalis dengan Amerika Serikat sebagai pemimpinnya, dan Blok Timur yang berpaham sosialis-komunis dengan Uni Soviet sebagai pemimpinnya.


2.    Perebutan Dominasi Kepemimpinan
Amerika Serikat dan Uni Soviet saling berusaha menjadi pemimpin dunia. Mereka bercita-cita menjadi penguasa dan pemimpin dunia seperti masa kejayaan Inggris dan Prancis pada zaman imperialis kuno. Namun, kekuasaan yang biasanya dilakukan pada masa imperalis kuno sekarang sudah tidak mereka lakukan.
Amerika Serikat dan Uni Soviet berusaha menjadi pemimpin dunia dengan cara baru seperti dengan kekuatan ekonominya. Dengan demikian, Amerika Serikat dan Uni Soviet tampil sebagai imperalis muda. Amerika Serikat dalam kekuatan ekonominya berusaha memengaruhi negara-negara lain khususnya yang baru merdeka dengan paket bantuan ekonomi.
Pemerintah Amerika Serikat beranggapan bahwa negara yang rakyatnya hidup makmur dapat menjadi tempat pemasaran hasil industrinya. Selain itu, rakyat yang hidupnya telah makmur juga akan menjauhkan dari pengaruh sosialis-komunis. Hanya kemiskinan yang menjadi ladang subur bagi perkembangan sosialis-komunis. Sementara Uni Soviet yang mempunyai kekuatan ekonomi, tetapi tidak sebesar Amerika Serikat juga berusaha membentengi negara-negara yang telah mendapat pengaruhnya. Paket bantuan ekonomi Uni Soviet juga diberikan guna memperbaiki keadaan ekonomi negara-negara tersebut. Selain itu, Uni Soviet juga berusaha mendekati rakyat yang sedang melakukan perjuangan nasionalnya dengan mengirimkan para tenaga ahli dan juga berbagai peralatan militer.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar